Friday, December 15, 2017

Skripsi Pendidikan Matematika Pnegaruh Kemampuan Berpikir Positif dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Ulasan contoh skripsi kali ini akan membahas contoh skripsi yang berjudul Skripsi Pendidikan Matematika Pnegaruh Kemampuan Berpikir Positif dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Pendidikna merupakan salah satu fakto yang mempengaruhi perkembangan individu untuk menciptakan masyarakat yang mempunyai daya saing disegala bidang. Pendidikan merupakan salah satu factor yang mempengaruhi perkembangan individu untuk menciptakan masyarakat yang mempunyai daya saing di segala bidang. Pendidikan harus mampu mencetak individu-individu yang mempunyai daya kompetitif,kreatif, dan budi pekerti. Rendahnya kualitas pendidikan merupakan sebab dari rendahnya kualitas pendidikan merupakan sebab dari rendahnya penyedian sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga terhambatnya pembangunan di Indonesia.

Hal ini di pertegas oleh Suhendar(Supardi,2012: 113) yang menyampaikan bahwa dalam The Global Competitiveness Report 2012(laporan tahunan daya saing global tahun 2011-2012) yang dibuat oleh World Economic Forum(WEF) menetapkan Indonesia berada pada poisisi ke-46 dari 142 negara di dunia. Menurut Leonard(2013: 78) matematika merupakan ilmu yang universal, yang mendasari perkembangan teknologi modern, serta mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan mengembangkan daya pikir manusia. Matematika berupa symbol-simbol dan kumpulan angka yang harus kita pahami dan berkonsentrasi dalam setiap pemikirannya, yang bahkan terdiri dari konsep-konsep yang bersifat abstrak, sehingga memerlukan pemahaman yang tekun dan teliti. Hal itulah yang membuat banyak peseta didik menggangap bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit dan menakutkan. Bahkan, kebanyakan peserta didik langsung Namun, tidak sedikit siswa yang merasa bahwa dia tidak memiliki suatu kemampuan seperti yang dimiliki oleh orang lain serta rasa takut akan kegagalan sehingga hal tersebut sangat berpengaru proses belajar siswa. Karena segala keberhasilan sangat bergantung kepada bagaimana cara siswa memandang kemampuan atau kualitas yang dia miliki dalam dirinya. Ketika siswa memandang negatif terhadap kemampuan yang dia miliki maka diapun akan memandang segala sesuatu atau tugas yang dikerjakannya sulit. Dengan merasa diri berharga seseorang akan mampu memandang kehidupan secara positif dengan arti lain, tindakan, pikiran, dan perkataannya selalu dilandasi pikiran positif dan jauh dari kekhawatiran serta selalu optimis dalam segala aspek kehidupan. Kemampuan berpikir positif ini juga merupan unsur yang penting dalam perkembangan psikologi siswa, karna dengan pikiran positif siswa dapat sukses menghadapi berbagai tantangan yang siswa hadapi dalam proses belajar mengajar sehingga mampu mendapatkan perestasi belajar yang maksimal.

Berpikir positif juga sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa, kesuksesan siswa, karna berpikir pisitif merupakan suatu kegiatan akal budi yang menghasilkan hal positif juga. Tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri tetapi juga bermanfaat juga untuk orang lain. Setiap saat dalam kehidupan sehari-hari manusia selalu mengalami proses pembelajaran. Baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja, belajar merupakan proses perubahan tingkah laku pada diri seseorang, yaitu terdiri dari berbagai aspek kepribadian baik fisik maupun psikis. Oleh sebab itu belajar merupaka suatu proses yang dilewati oleh seorang individu tanpa terelakan maka oleh karna itu banyak komponen yang perlu diperhatikan oleh pendidik dalam mengarahkan dan menuntun siswa mendapatkan output yang jelas dalam proses pembelajaran yang siswa lewati, agar dapat mendapatkan prestasi belajar yang maksimal berdasarkan kemampuan siswa tersebut. Salah satu parameter untuk mengukur tingkat keberhasilan pendidikan dalam menyugukan suatu proses pembelajara ialah dengan prestasi belajar siswa. Untuk mencapai suatu prestasi belajar yang optimal maka siswa perlu mengasa kemampuan dalam proses pembelajaran baik itu kemampuan mengelolah kecerdasan intelektual, spiritual, dan emosional, yang merupakan kemampuan dalam mengelolah pikiran agar selalu jernih dan optimal dalam menyugukan hasil pemikirannya, hal tersebut sangan penting dalam proses pembelajaran untuk mendapatkan prestasi belajar yang tinggi. Dengan begitu diharapkan untuk kedepanya kecerdasan emosionla terhadap prestasi belajar matematka akan sangat diperlukan untuk menunjang kelansungan pola pikir para anak didik.

Dari uraian diatas tentunya srtikel ini akan sangat membantu bagi para pencari referensi skripsi untuk dijadikan bahan perbandingan dalam menyusun tugas ahir skripsi. Dan selengkapnya bisa anda lihat pada file yang sudah disediakan di bawah ini


Semoga contoh skripsi ini dapat membantu anda, Terimakasih sudah berjkunjung
jangan lupa komentar & bila ada request skripsi, silahkan klik Contact Us

0 komentar

Post a Comment